Pengertian Disiplin Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Disipilin Kerja - Disiplin dalam Kamus Bahasa Indonesia menjelaskan: 1). Latihan batin dan watak dengan maksud supaya segala perbuatannya selalu tertib. 2). Ketaatan pada suatu aturan dan tata tertib.

Moekijat mendefinisikan disiplin berasal dari kata Latin "discipline" berarti latihan atau pendidikan, kesopanan dan kerohanian serta pengembangan tabiat.

Latener & Lavine, Disiplin merupakan sesuatu kekuatan yang berkembang dalam diri individu dalam melakukan pekerjaan yang mengakibatkan individu dapat menyesuaikan diri dengan sukarela terhadap peraturan, keputusan dan nilai-nilai yang tertinggi dari pekerjaan dan tingkah laku.

Disiplin sering didefinisikan sebagai proses latihan individu agar individu dapat mengembangkan kontrol diri sehingga dapat menjadi lebih efektif dalam bekerja.

Hodgs, menjelaskan bahwa disiplin menunjukkan pada sikap individu atau kelompok individu yang mempunyai niat untuk mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan. Bahwa disiplin mengandung tiga hal pokok yaitu:
  1. Suatu sikap mental tertentu yang merupakan sikap taat dan tertib.
  2. Suatu pengetahuan tentang sistem aturan-aturan perilaku, norma, kriteria, standar sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesadaran pentingnya ketaatan ini untuk mencapai keberhasilan.
  3. Suatu perilaku yang secara wajar menunjukkan kesanggupan hati untuk menaati segala yang diketahui secara cermat dan tertib.
Westra, menjelaskan bahwa disiplin merupakan keadaan tertib dimana individu-individu yang bergabung didalam perusahaan tunduk dan patuh pada peraturan yang telah ada dengan rasa senang hati.

Pengertian Disiplin Kerja

Latener & Lavine, menjelaskan disiplin kerja sebagai suatu sikap, tingkah laku yang menunjukkan ketaatan individu pada peraturan yang berlaku dalam melakukan tugas sangat diharapkan dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan tujuan perusahaan dan sekaligus menjadi sarana untuk mempertahankan eksistensi perusahaan.

Nitisemito, menjelaskan disiplin kerja merupakan sikap individu yang sesuai dengan peraturan perusahaan, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.

Siswanto, disiplin kerja merupakan sikap menghormati, patuh, menghargai dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku baik tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya, tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksi apalagi melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

Faktor disiplin kerja menjadi salah satu tolak ukur dalam pemberian kompensasi bagi karyawan, silahkan baca "Indikator Pengukuran Kompensasi Karyawan".

Disiplin kerja merupakan upaya yang dilakukan oleh individu atas prakarsa sendiri dalam melaksanakan tugas berwujud kontrol terhadap tingkah laku, yang berupa ketaatan terhadap keteraturan, baik yang ditetapkan sendiri maupun ditetapkan oleh pihak lain.

Disiplin kerja merupakan bentuk kesadaran yang dimiliki individu dalam melakukan pekerjaan dengan mengikuti, menaati peraturan yang telah ditetapkan dengan maksud untuk mencapai tujuan bersama. Disiplin kerja pada diri individu erat kaitannya dengan usaha mencapai tujuan individu dan perusahaan.

Latener & Levine, berpendapat bahwa disiplin kerja merupakan suatu kekuatan yang berkembang dalam tubuh individu sendiri, menyebabkan pekerjaan dapat menyesuaikan diri dengan sukarela pada keputusan, peraturan peraturan dan nilai-nilai yang tertinggi dari pekerjaan dan tingkah laku dengan harapan pekerjaan yang akan dilakukan se-efektif dan se-efisien mungkin.

Pengertian disiplin kerja menurut para ahli diatas di atas dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja adalah kesadaran individu dalam bekerja untuk selalu menaati peraturan yang telah ditetapkan perusahaan.

Selamat Belajar...

Wassalam...

0 Response to "Pengertian Disiplin Kerja Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel