5 Konsep Ketenagakerjaan

5 Konsep Ketenagakerjaan - Membahas ketenagakerjaan tidak lepas dari masalah kesempatan kerja dan kependudukan, penduduk yang termasuk dalam ketenagakerjaan yaitu penduduk usia kerja dan penduduk bukan usia kerja, untuk itu kita akan membahas dan memahami konsep ketenagakerjaan yang umum berlaku, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tenaga Kerja

Tenaga kerja atau penduduk usia kerja (UK), adalah penduduk dalam usia kerja (berusia 15 tahun keatas) atau jumlah seluruh penduduk dalam suatu negara yang dapat memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap tenaga mereka, dan jika mereka mau berpartisipasi dalam aktivitas tersebut. Penerapan penduduk usia kerja diatas 15 tahun adalah setelah ILO (International Labour Organization) meng-intruksi-kan agar batas awal usia kerja adalah 15 tahun.

Sedangkan pada statistik Indonesia sejak tahun 1971 batas usia kerja adalah bilamana seseorang sudah berumur 10 tahun atau lebih. Sejak dilaksanakan SARKERNAS (Survei Angkatan Kerja Nasional) 2001, batas usia kerja yang semula 10 tahun atau lebih dirubah menjadi 15 tahun atau lebih mengikuti defenisi yang dianjurkan ILO.

2. Angkatan Kerja

Adalah bagian dari tenaga kerja yang sesungguhnya terlibat, atau berusaha untuk terlibat, atau berusaha terlibat dalam kegiatan produksi barang dan jasa. Dalam hal ini adalah penduduk yang kegiatan utamanya selama seminggu yang lalu bekerja (K), atau sedang mencari pekerjaan (MP). Untuk kategori bekerja apabila minimum bekerja selama 1 jam selama seminggu yang lalu untuk kegiatan produktif sebelum pencacahan dilakukan. Mencari pekerjaan adalah seseorang yang kegiatan utamanya sedang mencari pekerjaan, atau sementara sedang mencari pekerjaan dan belum bekerja minimal 1 jam selama seminggu yang lalu. Jadi angkatan kerja dapat di-formulasi-kan melalui persamaan identitas sebagai berikut : 

AK =K + MP.

Penjumlahan angka-angka angkatan kerja dalam bahasa ekonomi disebut sebagai penawaran angkatan kerja (labour supply). Sendangkan penduduk yang berstatus sebagai pekerja atau tenaga kerja termasuk ke dalam sisi permintaan (Labour demand).

3. Bukan Angkatan Kerja

adalah penduduk yang bekerja (15 tahun ke atas), namun kegiatan utama selama seminggu yang lalu adalah sekolah, mengurus rumah tangga dan lainnya. Apabila seseorang yang sedang sekolah, mereka bekerja minimal 1 jam selama seminggu yang lalu, tetapi kegiatan utamanya adalah sekolah, maka individu tersebut tetap masuk kedalam kelompok bukan angkatan kerja. Mereka yang tercatat lainnya jumlahnya tidak sedikit dan mungkin sebagian besar masuk kedalam transisi antara sekolah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau tidak dalam kategori bukan angkatan kerja (BAK). Jadi jumlah usia kerja (UK) apabila dilihat melalui persamaan identitas adalah sebagai berikut:

UK = AK + BAK

4. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja

Adalah menggambarkan jumlah angkatan kerja dalam suatu kelompok umur sebagai persentase penduduk dalam kelompok umur tersebut, yaitu membandingkan angkatan kerja dengan tenaga kerja. Untuk menghitung tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) dapat digunakan rumus sebagai berikut:

TPAK = AK / UK x 100%

5. Tingkat Pengangguran

Adalah angka yang menunjukkan beberapa banyak dari jumlah orang yang mencari pekerjaan dengan jumlah angkatan kerja. Tingkat pengangguran (TP) dapat dirumuskan sebagai berikut :

TP = MP / AK x 100%

Jumlah orang yang bekerja tergantung dari besarnya permintaan atau demand dalam masyarakat. Permintaan tersebut dipengaruhi oleh kegiatan ekonomi dan tingkat upah. Proses terjadinya penempatan atau hubungan kerja melalui penyediaan dan permintaan tenaga kerja dinamakan pasar kerja. Penempatan (jumlah orang yang bekerja atau tingkat employment) dipengaruhi oleh faktor kekuatan penyediaan dan permintaan tersebut.

Demikian uraian 5 Konsep Ketenagakerjaan, semoga dapat memberikan manfaat, terima kasih telah berkunjung. Wassalam...


0 Response to "5 Konsep Ketenagakerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel