Pertumbuhan Ekonomi Diukur dari Produk Domestik Bruto

pertumbuhan-ekonomi-produk-domestik-bruto

Pertumbuhan Ekonomi Diukur dari Produk Domestik BrutoPertumbuhan ekonomi secara singkat merupakan proses kenaikan output perkapita dalam jangka panjang, pengertian ini menekan pada tiga hal yaitu proses, output perkapita dan jangka panjang. Proses menggambarkan perkembangan perekonomian dari waktu ke waktu yang lebih bersifat dinamis, output perkapita mengaitkan aspek output total (GDP) dan aspek jumlah penduduk, sedangkan jangka panjang menunjukan kecenderungan perubahan perekonomian dalam jangka tertentu yang didorong oleh proses interen perekonomian (self generating).

Suatu perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan jika jumlah produksi barang dan jasanya meningkat. Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan output dari tahun ketahun yang merupakan suatu gambaran mengenai dampak kebijaksanaan pembangunan yang dilaksanakan khususnya dalam bidang ekonomi. Pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan kegiatan dalam perkonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat meningkat (Sukirno, 2004 ). Kemampuan yang meningkat ini disebabkan karena faktor-faktor produksi akan selalu mengalami pertambahan dalam jumlah dan kualitasnya.

Pertumbuhan ekonomi merupakan ukuran utama keberhasilan pembangunan. Hasil pertumbuhan ekonomi tersebut harus dapat dinikmati masyarakat sampai kelapisan yang paling bawah. Pertumbuhan harus berjalan secara beriringan dan terencana untuk mengupayakan terciptanya pemerataan kesempatan dan pembangunan hasil-hasilnya dengan lebih merata. Bila pembangunan dan hasil-hasilnya terdistribusi secara merata maka daerah-daerah yang miskin, tertinggal, dan tidak produktif akan menjadi produktif dan akhirnya akan mempercepat pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

Produk Domestik Bruto (Gross Domestik Product)

Produk domestik bruto sering dianggap sebagai ukuran terbaik dari kinerja perekonomian. PDB diartikan sebagai nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu (biasanya pertahun). PDB berbeda dari Produk Nasional Bruto karena memasukkan pendapatan faktor produksi dari luar negeri yang bekerja di negara tersebut. Sehingga PDB hanya menghitung total produksi dari suatu negara tanpa memperhitungkan apakah produksi tersebut dilakukan memakai faktor produksi dalam negeri atau tidak. Sebaliknya PNB memperhatikan asal usul faktor produksi yang digunakan.

Produk domestik bruto adalah nilai pasar semua barang dan jasa akhir yang diproduksi dalam perekonomian selama kurun waktu tertentu.(Mankiw, 2003).

Didalam suatu perekonomian, dinegara-negara maju maupun negara-negara berkembang, barang dan jasa diproduksikan bukan saja oleh perusahaan milik penduduk negara tersebut tetapi oleh penduduk negara lain. Selalu didapati produksi nasional diciptakan oleh faktor-faktor produksi yang berasal dari luar negeri.

Perusahaan multinasional beroperasi diberbagai negara dan membantu menaikkan nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh negara-negara tersebut. Perusahaan multinasional tersebut menyediakan modal, teknologi dan tenaga ahli kepada negara dimana perusahaan itu beroperasi, operasinya membantu menambah barang dan jasa yang diproduksi didalam negara, menambah penggunaan tenaga kerja dan pendapatan dan sering sekali juga membantu menambah ekspor. Dengan demikian GDP adalah nilai barang dan jasa dalam suatu negara yang diproduksikan oleh faktor-faktor produksi milik warga negara-negara tersebut dan negara asing.(Sukirno, 2004: 34)

PDB Atas Harga Berlaku Dan Harga Konstan

PDB nominal yaitu menilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu Negara dalam periode tertentu, berdasarkan harga berlaku. Sedangkan PDB riil yaitu menilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode tertentu berdasarkan harga konstan. PDB riil meningkat hanya jika jumlah barang dan jasa meningkat, sedangkan PDB nominal bisa meningkat karena output naik atau karena harga meningkat.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai kenaikan output total (PDB) dalam jangka panjang tanpa memandang apakah kenaikkan itu lebih kecil atau lebih besar dari laju pertumbuhan penduduk. Wasalam…



0 Response to "Pertumbuhan Ekonomi Diukur dari Produk Domestik Bruto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel