Konsep dan Pengertian Pemasaran Menurut Ahli

Konsep-dan-Pengertian-Pemasaran-Menurut-Ahli
Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran digunakan dalam kegiatan pertukaran atau perdagangan. Pengusaha yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai tujuan bagi perusahaannya akan mengetahui cara dan falsafah yang terlibat didalamnya yaitu konsep pemasaran.

Konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, maka seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan.

Menurut Sofyan Assauri (1998:72), definisi konsep pemasaran adalah orientasi manajemen yang menekankan bahwa kunci tujuan pencapaian organisasi terdiri dari kemampuan perusahaan tersebut memenuhinya dengan kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efisien dari pesaing.

Atau secara definitif, menurut Basu Swastha (2000:17) konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko (1982:5), tiga unsur pokok dalam konsep pemasaran, adalah :

1. Orientasi pada konsumen

Perusahaan yang ingin melaksanakan konsep orientasi konsumen harus :

a. Menentukan kebutuhan pokok pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.

b. Memilih sekelompok tertentu sebagai sasaran penjualan, karena perusahaan tidak mungkin dapat memenuhi semua kebutuhan pokok konsumen.

c. Menentukan produk dan program pemasarannya sesuai dengan kelompok pembeli yang dipilih sebagai sasaran bagi perusahaan.

d. Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan, sikap, serta perilaku mereka.

e. Menentukan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.

2. Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral (integral marketing)

Pengintegrasian kegiatan pemasaran berarti bahwa setiap orang dan setiap bagian dalam perusahaan turut berkecimpung dalam usaha yang terkordinir untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga tujuan perusahaan dapat direalisir.

3. Kepuasan konsumen (consumer satisfaction)

Faktor yang menentukan perusahaan dalam jangka panjang akan mendapatkan laba. Ini berarti bahwa perusahaan harus berusaha memaksimalkan kepuasan konsumen, sehingga perusahaan memperoleh keuntungan yang optimal.

Dari pengertian-pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep pemasaran bukan hanya sekedar menjual dan mempromosikan produk atau jasa, tetapi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen baik individu maupun kelompok melalui pertukaran serta merupakan kegiatan perusahaan dalam melalui pemasaran yaitu merancang konsep, menentukan harga dan mendistribusikan barang.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran memiliki arti lebih dari sekedar menjual dan mempromosikan suatu produk. Mengerti, menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyalurkan nilai dan kepuasan konsumen akan suatu produk merupakan inti dati suatu pemasaran.

Pemasaran sering dipandang sebagai suatu tugas untuk menciptakan, mempromosikan, dan menyalurkan produk dan jasa kepada konsumen dan unit-unit bisnis. Pemasaran diharapkan memiliki keahlian dalam merangsang permintaan akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Menurut Kotler (2002), pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain..

Pengertian ini menunjuk pada kegiatan yang dilakukan perusahaan secara menyeluruh yaitu dimaksudkan dalam proses memproduksi dan sampai pada penetapan harga dan pertukaran barang sebagai proses sosial. Definisi tersebut tidak dikatakan bagaimana cara-cara memenuhi keinginan dan memuaskan konsumen namun tujuan dari kegiatan tersebut melalui proses sosial yang saling menerima manfaat bagi perusahaan dan konsumen.

Sedangkan pengertian manajemen pemasaran menurut kotler (1997:13), “manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi”.

Berdasarkan beberapa definisi diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran adalah suatu rangkaian kegiatan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen melalui pertukaran yang merupakan proses sosial. Sedangkan manajemen pemasaran adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam melakukan kegiatan pemasaran barang dan jasa.
Demikian pembahasan mengenai Konsep dan Pengertian Pemasaran. Nantikan Artikel berikutnya terkait materi ekonomi lainnya. Sekian dan Terima Kasih

0 Response to "Konsep dan Pengertian Pemasaran Menurut Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel