Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli

Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli - Akuntansi memiliki peranan penting dalam menyajikan laporan keuangan suatu perusahaan yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai atau bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan.

Menurut Zaki Baridwan (2000) definisi akuntansi adalah adalah suatu kegiatan jasa, fungsinya adalah menyiapkan data-data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memiliki alternatif-alhternatif dalam suatu keadaan”.

Menurut sofyan Harahap (2005) akuntansi diartikan sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil kesimpulan oleh para pemakainya.

Menurut Henry Simamora (2005) mendefinisikan akuntansi (accounting) adalah proses pengukuran aktifitas ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan.

Menurut S. Munawir (2005) Akuntansi adalah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagian bersifat keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.

Menurut Soemarso S.R. (2004) mendefinisikan akuntansi sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Menurut Frederick D.S. Choi, Gerhard G. Mueller, ahli bahasa Maudy Warow (1998) akuntansi didefinisikan sebagai suatu proses pengidentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

Berbagai definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian akuntansi adalah suatu proses yang dapat dilaksanakan dalam sebuah perusahaan untuk dapat memberikan informasi bagi setiap pihak yang membutuhkan informasi tersebut dalam hal pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Menurut American Institute of Certificated Public Accounting (2003) mendifinisikan: “Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya”.

Sedangkan Accounting Principle Board Statement nomor 4 (2003) mendifinisikan “Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa, fungsinya adalah memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi dasar memilih diantara beberapa alternatif”.

Thomas H. Dkk (2001) mendefinisikan akuntansi adalah sebagai berikut :

“Akuntansi adalah suatu sistem yang mengukur aktivitas-aktivitas, memproses informasi tersebut kedalam bentuk laporan-laporan, dan mengkomunikasikan kepada para pengambil keputusan”.

Definisi akuntansi dapat juga dirumuskan dari beberapa sudut pandang yaitu dari sudut pemakai dan dari sudut proses kegiatannya. Ditinjau dari sudut pemakainya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu “Disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi.

Dapat pula disimpulkan seperti ini:

Akuntansi diselenggarakan dalam suatu organisasi (biasanya berupa organisasi perusahaan). Informasi akuntansi yang dihasilkanadalah informasi tentang organisasi.

Informasi akuntansi sangat penting dalam menyelenggarakan kegiatan perusahaan. Informasi digunakan dalam pengambilan keputusan intern organisasi (oleh manajemen yaitu orang diberi tugas untuk memimpin perusahaan), dan jaga untuk pengambilan keputusan oleh pihak ekstern perusahaan (oleh investor yaitu orang yang menanamkan uangnya dalam perusahaan untuk mendapatkan laba oleh kreditur yaitu orang-orang yang memberikan pinjaman kepada perusahaan dan pihak lainnya).

Jika ditinjau dari sudut kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan “proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi” (Al Haryono Jusup, 1997). Dari definisi ini menunjukkan bahwa kegiatan akuntansi merupakan tugas yang kompleks dan menyangkut bermacam-macam kegiatan.

Pada dasarnya akuntansi harus :

  1. Mengidentifikasi data mana yang berkaitan atau relevan dengan keputusan yang diambil. 
  2. Memperoleh atau menganalisa data yang relevan. 
  3. Mengubah data menjadikan informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan. 
Berdasarkan definisi akuntansi menurut para ahli diatas dapat diambil kesimpulan bahwa akuntansi merupakan proses pengelolaan transaksi keuangan menjadi suatu informasi dalam bentuk laporan keuangan yang kemudian dikomunikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan baik bagi pihak intern maupun pihak ekstern seperti investor, kreditur, lembaga pemerintahan dan pemakai lainnya.

Sekian pembahasan mengenai Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli. Terima kasih telah berkunjung.

Selamat Belajar...Wasalam...

0 Response to "Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel