Pengertian Harga Menurut Para Ahli

Pengertian-Harga
Pengertian Harga
Harga dalam dunia bisnis mempunyai banyak nama, sebagai contoh dalam dunia perdagangan produk disebut harga, dalam dunia perbankan disebut bunga, atau dalam bisnis jasa akuntansi, konsultasi disebut fee, transportasi taxi disebut biaya, telepon disebut tarif sedangkan dalam dunia asuransi disebut premi.

Menurut Alex S. Nitisimito (1999 :55) harga adalah sebagai nilai tukar suatu barang atau jasa yang ditukar dengan sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut, perusahaan bersedia melepaskan barang atau jasa yang diukur dengan sejumlah barang atau jasa yang dimiliki kepada pihak lain. Definisi tersebut menunjukkan bahwa harga menjadi alat ukur yang dinyatakan dalam satuan uang untuk mendapatkan suatu barang atau jasa.

Menurut winardi (2001 : 320) harga adalah nilai satuan barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang. Sedangkan menurut Hermanto (1999 : 18) harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya.

Harga merupakan sejumlah uang atau barang/jasa yang ditukar pembeli untuk beraneka produk atau jasa yang disediakan penjual. Dan harga juga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa selain itu harga adalah salah satu faktor penting bagi konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (http/www.harga.com).

Menurut Willian Stanto J (2003 : 54) mengemukakan bahwa harga adalah sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya. Tingkat harga terjadi pada suatu jenis produk atau jasa, dasar penentuannya oleh pihak perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor seperti : keadaan perekonomian, penawaran dan permintaan, elastisitas permintaan, persaingan harga, tujuan perusahaan serta pengawasan pemerintah.

Menurut windy (2008 : 54) harga adalah nilai suatu benda yang dilaksanakan dengan nilai uang, jumlah uang senilai yang harus dibayar untuk sebuah barang atau jasa, kehormatan diri, guna (arti, kepentingan, dan kabar).

Menurut Justin dan Carlos (2001 : 376) harga adalah spesifikasi tentang apa yang diminta oleh penjual dalam penukaran untuk memindahkan kepemilikan atau kegunaan barang dan jasa.

Selanjutnya Nitisemitro (1981 :40) berpendapat bahwa harga adalah nilai suatu barang atau jasa yang diukur dengan sejumlah uang dimana berdasarkan nilai tersebut seseorang atau perusahaan bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimiliki kepada pihak lain. Sedangkan tujuan penentuan harga itu antara lain :

a. mendapatkan laba maksimum,

b. mendapatkan pengembalian investasi yang ditawarkan atau pengembalian pada penjualan bersih,

c. mencegah dan dan mengurangi persaingan,

d. mempertahankan atau mengurangi market share

Harga yang ditentukan oleh perusahaan disesuaikan dengan strategi perusahaan secara keseluruhan dalam menghadapi situasi dan kondisi yang selalu berubah, dan diarahkan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan untuk suatu tahun atau waktu tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa harga adalah nilai suatu barang atau jasa yang dinyatakan dalam sejumlah uang sebagai alat tukar untuk mendapatkan beberapa kombinasi dari produk dan pelayanan.

Semua harga yang berlaku dalam masyarakat dan yang saling berhubungan satu sama lain disebut sistem harga dan oleh karena itu orang bertindak atas dasar pertimbangan harga, maka sistem harga akan membantu dalam memecahkan persoalan ekonomi masyarakat yakni apa dan berapa, bagaimana dan untuk siapa produk dijalankan. Intinya dapat dirincikan sebagai berikut :

1. Setiap barang/jasa ada harga ( yang dinyatakan dalam ),

2. Setiap orang menerima suatu harga (uang) untuk apa yang dijual (barang/jasa atau faktor pekerjaan),

3. Setiap orang membayar harga (uang) untuk yang dibeli (barang/jasa atau faktor produksi),

4. Harga berkaitan satu sama lain,

5. Pemerintah mengawasi keseluruhan harga dan pasar

Kemampuan para konsumen untuk membeli barang/jasa dan membayar barang/jasa sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya penghasilan mereka terima. Demian pula harga yang diminta oleh produsen di pasar sangat dipengaruhi oleh biaya yaitu harga yang dibayar untuk input faktor-faktor produksi.

Baca Juga : Macam-Macam Pendekatan & Tujuan Harga Jual

Apabila harga dasarnya merupakan harga akhir yang jatuh ketangan konsumen, maka dalam penentuan harga dasar tersebut diperhitungkan struktur potongan harga yang akan diberikan. Tetapi apabila harga akhir terdiri dari harga dasar ditambah struktur potongan harga maka harga akhir yang diperoleh perlu dianalisis kembali apakah cukup bersaing dalam pasaran maka penentuan harga dasar perlu ditinjau kembali.

Harga jual yang dihasilkan dari perhitungan berdasarkan biaya seperti yang telah diterangkan harga. Kotler dan Keller (2007 : 78) setidak-tidaknya menyebutkan 3 (tiga) unsur yang harus diperhatikan yakni : biaya, permintaan dan persaingan.

Berdasarkan pergertian di atas, maka dapat disimpulkan  bahwa harga adalah pengorbanan sejumlah uang untuk memperoleh suatu barang atau jasa tertentu atau mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk beserta pelayanan jasa diterima secara utuh ditangan konsumen.

Demikian artikel mengenai pengertian harga, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima Kasih.

0 Response to "Pengertian Harga Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel