Faktor-Faktor Disiplin Kerja

Faktor-Faktor Disiplin kerja - Ada beberapa faktor yang mempunyai hubungan dalam mewujudkan disiplin kerja. Disiplin kerja pada individu dalam organisasi dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain lingkungan (environment), dalam arti fisik misalnya tempat kerja yang luas, bersih yang membuat betah bekerja dan iklim organisasi atau sasaran kerja yang berkaitan hubungan antar manusia.

Disiplin kerja merupakan keadaan mental yang cenderung selalu menaati peraturan yang berhubungan erat antara moral atau motivasi yang tinggi. Jika individu merasa senang dalam bekerja, maka secara umum memiliki disiplin kerja yang baik dan apabila terjadi sebaliknya, maka individu akan menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan tidak baik (Moekijat, 1996).

Berdasarkan penjelasan di atas bahwa individu akan mempunyai sikap disiplin dalam bekerja karena dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar dirinya seperti lingkungan dan iklim organisasi maupun faktor yang berasal dari dalam dirinya seperti moral dan semangat bekerja. Faktor dari dalam tersebut mempunyai peranan tidak kalah penting dalam mencapai keberhasilan suatu organisasi jika dibandingkan dengan faktor yang berasal dari luar dirinya.

Disiplin kerja merupakan salah satu bentuk gejala psikis yang positif dimana setiap organisasi membutuhkannya agar dapat mendukung pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang cukup penting untuk mendukung dan mewujudkan perilaku kerja individu yang baik dalam mewujudkan program, target dan tujuan yang ditentukan oleh organisasi secara efektif (Strausse, 1990).

Charles (1996) memberikan penjelasan yang berbeda, individu akan dapat memunculkan kecenderungan yang baik yaitu disiplin dalam bekerja apabila didukung oleh beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain seperti memahami peraturan, ketaatan terhadap peraturan dan keinginan bekerja secara harmonis dalam mencapai tujuan bersama.

Alferd (1995) menjelaskan mengenai beberapa faktor yang dapat mempengaruhi disiplin kerja pada individu dalam suatu organisasi yaitu:
  1. Memahami peraturan yang berlaku.
  2. Semangat kerjanya baik.
  3. Menggunakan perlengkapan organisasi hati-hati; Datang dan pulang tepat pada waktunya; Kualitas pekerjaan memuaskan.

Disiplin kerja individu yang berkaitan dengan kualitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, nilai yang dikembangkan dalam kehidupannya yang membiasakan disiplin diri segala hal, pemahaman pada aturan dan kesediaan nya melakukan sesuatu aktivitas (pekerjaan) sesuai dengan waktu yang ditentukan (Saad dan Sackett, 2002).

Beberapa penjelasan para ahli di atas dapat diambil kesimpulan bahwa disiplin kerja pada individu dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

1. Faktor pemahaman terhadap peraturan

Individu menunjukkan disiplin kerjanya baik jika perilakunya menunjukkan usaha untuk memahami secara baik mengenai suatu peraturan dan menanyakan ketika merasa tidak jelas.

2. Faktor ketaatan terhadap peraturan

Ketaatan individu terhadap aturan organisasi menggambarkan disiplin kerjanya cukup baik dan tidak memiliki catatan berbagai pelanggaran selama kerja.

3. Faktor ketepatan waktu dalam pelaksanaan dan penyelesaian pekerjaan

Individu yang mempunyai disiplin kerja baik cenderung menghargai waktu sehingga dalam bekerja akan tepat waktu, mengetahui kapan memulai dan mengakhiri pekerjaan termasuk waktu istirahat.

Demikian uraian mengenai Faktor-Faktor Disiplin Kerja, semoga dapat memberikan manfaat bagi yang sedang mencari materi ini. Terima kasih telah berkunjung. Wassalam… 


0 Response to "Faktor-Faktor Disiplin Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel