BAB I: Pengaruh Dimensi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor

Pengaruh Dimensi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Yamaha Mio - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh atribut produk yang terdiri atas kualitas produk, fitur produk, dan desain produk secara simultan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio. Kemudian untuk mengetahui pengaruh atribut produk secara parsial terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini akan dibahas dan di analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang memiliki sepeda motor Yamaha Mio di Universitas Haluoleo yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 70 orang responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) secara simultan, variabel atribut produk (X) yang terdiri atas variabel kualitas produk (X1), fitur produk (X2), dan desain produk (X3) memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio. Karena itu hipotesis 1 dalam penelitian ini diterima; (2) secara parsial, variabel kualitas produk (X1) dan fitur produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio, (3) variabel desain produk secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio. Nilai R Square (R2) sebesar 0,627 menunjukkan bahwa kontribusi variabel atribut produk terhadap minat beli konsumen sebesar 62,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 37,3%.


BAB I PENDAHULUAN


Latar Belakang

Perkembangan pola berfikir manusia yang semakin maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi modern pada zaman era globalisasi sekarang ini, memungkinkan munculnya perusahaan untuk membuka usahanya dengan asumsi bahwa usaha yang akan dijalankannya akan mendatangkan laba. Hal itu mengakibatkan tingkat persaingan antar perusahaan sejenis semakin kompetitif dan dihadapkan pada konsumen yang semakin selektif dalam memilih produk dari suatu perusahaan, sehingga ada perusahaan yang semula berorientasi pada produksi, kini memperluas orientasinya pada pemasaran produk. Dalam persaingan pasar yang demikian dan mengingat semakin tingginya tingkat persaingan antar perusahaan yang sangat ketat, setiap perusahaan dituntut untuk bekerja lebih efisien dan efektif serta dituntut juga untuk mampu bersaing dan mengatur strategi yang efektif dalam persaingan global, sehingga tujuan perusahaan akan dapat lebih mudah dicapai.

Peter drucker seperti dikutip oleh kotler (2005:10) : mendefinisikan pemasaran mengatakan bahwa “tujuan pemasaran adalah membuat penjualan tidak terlalu penting lagi”. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri.Idealnya, pemasaran harus mengahasilkan pelanggan atau konsumen yang siap membeli. Dalam kata lain penjualan bukanlah target utama perusahaan. Target utama perusahaan adalah untuk mengetahui produk apa yang diperlukan oleh pasar saat ini, dan menemukan konsumen yang membutuhkannya.

Konsumen ketika memilih suatu produk, konsumen tentu saja akan dipengaruhi oleh atribut dari produk itu sendiri. Atribut produk merupakan segala sesuatu yang melekat dan menyertai produk tersebut, seperti merek, desain, warna, kualitas dan lain sebagainya. Atribut merupakan salah satu unsur penting yang dapat mendorong konsumen untuk membeli produk, semakin baik atribut produk maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Kejelasan atribut dari suatu produk yang dipasarkan akan menghasilkan tanggapan positif dari konsumen sekaligus menarik minat konsumen, yang tentunya akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi di Kota Kendari saat ini sangatlah penting salah satunya adalah bagi para mahasiswa. Pilihan penggunaan sarana transportasi sangat beragam jenisnya, misalnya sarana angkutan darat dengan menggunakan angkot atau taksi, sarana angkutan laut dengan menggunakan kapal laut, dan sarana angkutan udara dengan mengunakan pesawat terbang.Salah satu pilihan sarana angkutan darat untuk mempermudah dan mempercepat jarak tempuh adalah dengan menggunakan sepeda motor.

Permintaan masyarakat terhadap sepeda motor terus mengalami peningkatan, hal ini memberikan peluang bagi para produsen sepeda motor untuk melakukan inovasi dari produk yang dihasilkannya khususnya dari segi atribut produknya, misalnya kualitas produk, merek, warna, dan desain produk. Setiap produsen selalu memproduksi sepeda motor dengan desain-desain yang terbaru sesuai dengan keinginan konsumen. Keinginan konsumen akan sepeda motor saat ini sangat beragam, salah satu jenis sepeda motor yang banyak digemari konsumen adalah jenis motor automatic (matic).

Kehadiran Yamahadi Kota Kendari sangat membantu didalam penyediaan produk – produk sepeda motor yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen (masyarakat). Yamaha adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang sektor produksi otomotif yang memproduksi kendaraan roda dua (motor).

Salah satu produk Yamaha yang ditawarkan ke konsumen adalah Sepeda motor Yamaha Mio yang merupakan produk andalan Yamaha di kelas motor matic dengan kualitas yang handal, baik dari segi fisik maupun perfoma mesin dan harga. Yamaha Mio memiliki sekumpulan nilai yang ditawarkan kepada konsumen mulai dari mesin (kualitas produk), warna,merek, hingga desain produk. Dengan demikian, atribut produk Yamaha Mio telah terbentuk secara positif didalam benak konsumen.

Atribut produk yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan pesaing Yamaha tidak kalah hebatnya, seperti halnya Suzuki terkenal dengan kecepatan motor matic sekelasnya, Honda mempunyai merek yang bagus dibenak konsumen dan terkenal dengan iritnya.Hal ini merupakan merupakan salah satu tantangan utama Yamaha dalam memasarkan produknya.Yamaha Miomerupakan salah satu motor matic yang berkapasitas mesin yaitu 113 cc, dan kelebihan pada kecepatan, serta akselerasi yang cepat. Disamping itu kelebihan lainnya adalah pada kualitas, fitur, desain, harga terjangkau dan fasilitas yang diberikan oleh dealer.Dari segi harga, Yamaha Mio bisa dikatakan tidaklah berbeda jauh jika dibandingkan dengan produk-produk sepeda motor dari perusahaan pesaing Yamaha khususnya di kelas motor matic yang berada di pasaran, seperti Suzuki dengan produk sepeda motor yaitu Suzuki Spin yang juga merupakan salah satu produk sepeda motor yang memiliki harga tidak terlalu berbeda dari Yamaha Mio, dimana harga sepeda motor Suzuki Spin yaitu Rp. 13.900.000,- sedangkan harga sepeda motor Yamaha Mio yaitu Rp. 14.360.000.Namun, kenyataan yang ada di Kota Kendari menunjukkan pengguna sepeda motor Yamaha Mio lebih banyak jika dibandingkan dengan sepeda motor Suzuki Spin.

Kemudian selain Suzuki, perusahaan pesaing Yamaha yang tidak kalah hebatnya juga adalah Honda, dimana dari segi citra merek (brand image) Honda sangat kuat secara global di indonesia, apalagi dengan produk sepeda motor matic yaitu New Beat yang juga memiliki harga yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan sepeda motor Yamaha Mio di kelas motor matic. Jika dilihat dari volume penjualan Yamaha Mio memiliki jumlah penjualan tertinggi dari pada SuZuki Spin dan Honda New Beat yaitu 3203 unit pada tahun 2011 (PT. Hasjrat Abadi kendari) sedangkan Suzuki Spin dan Honda New Beat masing – masing 2805 unit dan 2903 unit (AISI: asosiasi industri motor indonesia).

Minat beli merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian (Assael,2001).Secara teoretis atribut produk memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen, hal inipun telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Randyakso Harwanto (2008), dimana hasil penelitiannya menyatakan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara atribut produk dengan minat beli konsumen, ini didasarkan atas hasil perhitungan koefisien korelasi dengan menggunakan Rank Spearman diperoleh nilai sebesar 0,710, uji signifikasi diperoleh t hitung sebesar 5,334 sedangkan t tabel sebesar 1,701, kemudian koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 50,41%. Dengan demikian atribut produk dengan minat beli konsumen mempunyai hubungan yang searah.

Berdasarkan uraian dan permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan mengambil judul “Pengaruh Dimensi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Yamaha Mio”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan adalah, sebagai berikut:
  1. Apakah atribut produk yang meliputi kualitas produk, fitur produk, dan desain produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio?
  2. Apakah kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio?
  3. Apakah fitur produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio?
  4. Apakah desain produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio?

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui atribut produk yang meliputi,kualitas produk, fitur produk dan desain produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio.
  2. Untuk mengetahui kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio.
  3. Untuk mengetahui fitur produk secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio.
  4. Untuk mengetahui desain produk secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Bagi perusahaan
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan informasi, serta bahan pertimbangan untuk evaluasi dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif bagi perusahaan (Yamaha), khususnya dalam hal pengambilan keputusan mengenai atribut produk dimasa yang akan datang.
  2.  Bagi penulis
    Dengan adanya penelitian ini penulis diharapkan dapat menambah pengetahuan penulis mengenai manajemen pemasaran khususnya mengenai atribut produk serta dampaknya terhadap minat beli konsumen, yang telah didapat penulis pada masa perkuliahan, sehingga penulis dapat menerapkan teori-teori yang telah diperoleh selama ini ke dalam bentuk praktek secara langsung serta untuk melatih diri untuk berfikir secara kritis dalam menghadapi masalah yang nyata dilapangan.
  3. Bagi pihak lain
    Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dan dapat memberikan informasi bagi pembaca dan peneliti lain yang berkaitan dengan bidang pemasaran khususnya mengenai atribut produk dan dampaknya terhadap minat beli konsumen.

Ruang Lingkup Penelitian

Adapun ruang lingkup penelitian ini adalah pengaruh atribut produk terhadap minat beli konsumen sepeda motor Yamaha Mio di Universitas Haluoleo Kendari. Atribut produk diamati melalui dimensi, kualitas produk, fitur produk, dan desain produk, sedangkan minat beli melalui dimensi, attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan) dan action (tindakan).

Demikian uraian materi pendahuluan pada skripsi Pengaruh Dimensi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Mio.

Lanjutkan ke BAB 2 Tinjauan Pustaka

Dengan judul Skripsi II: Pengaruh Dimensi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor

Sekian dan Wassalam...


0 Response to "BAB I: Pengaruh Dimensi Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel